ESSAY

Writer / NIM
ANJARSARI / 441408003
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Advisor 2 / NIDN
JULHIM S TANGIO, S.Pd, M.Pd / 0028087508
Abstract
ABSTRAK Anjarsari (2012) “ Identifikasi kesulitan siswa dalam memahami materi kesetimbangan kimia dengan menggunakan two-tier multiple choice diagnostic instrument pada SMA Negeri 3 Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Kimia Program Pendidikan Strata 1 (S1) Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Pembimbing I Drs. Mangara Sihaloho, M.Pd pembimbing II Julhim Tangio, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan siswa dalam memahami materi kesetimbangan kimia dengan menggunakan two-tier multiple choice diagnostic instrument. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan deskriftif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Gorontalo tahun ajaran 2011/2012. Objek penelitian adalah siswa kelas XI IPA2, XI IPA3 dan XI IPA4. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan persentase, kesulitan siswa memahami konsep tentang materi kesetimbangan kimia adalah (1) kesetimbangan dinamis 84,61%, (2) reaksi reversible dan reaksi irreversible 36,15%, (3) membedakan kesetimbangan homogen dan heterogen 11,53%, (4) menuliskan ungkapan tetapan kesetimbangan homogen dan heterogen 80,81%, (5) menghitung nilai tetapan kesetimbangan 100%, (6) menuliskan tetapan parsial 84,61%, (7) menentukan hubungan Kc dan Kp 29,23%, (8) konsep menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesetimbangan kimia 67,68%. Kesulitan siswa SMA Negeri 3 Gorontalo dalam memahami materi kesetimbangan kimia termasuk kategori tinggi yakni dengan rata-rata adalah 61,82%. Kata kunci : Kesulitan, Kesetimbangan kimia, Two-tier multiple choice diagnostic instrument
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011