ESSAY

Writer / NIM
AZIZATUL KHAIRIA / 441408007
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
DRA NURHAYATI BIALANGI, MSi / 0029056204
Advisor 2 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Abstract
Azizatul Khairia. 2012. Pemetaan Struktur Pengetahuan Siswa dalam Meramalkan Bentuk Molekul Senyawa Kovalen. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Nurhayati Bialangi, M.Si dan Pembimbing II Dr Lukman A.R Laliyo, M.Pd, M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pemahaman konsep meramalkan bentuk molekul siswa, konsep meramalkan bentuk molekul yang belum dipahami oleh siswa dan peta Knowledge Structure (struktur pengetahuan) konsep meramalkan bentuk molekul siswa SMA Negeri kelas XI yang ada di Kota Gorontalo. Data dikumpulkan dari responden melalui instrumen berupa tes peguasaan konsep meramalkan bentuk molekul senyawa kovalen menggunakan teori VSEPR. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA6 SMAN 1 (n=31), XI IPA1 SMAN 2 (n=28), XI IPA3 SMAN 3 (n=30) dan XI IPA2 SMAN 4 (n=30). Jawaban siswa dianalisis melalui dua cara yaitu menghitung perolehan persentase jawaban benar siswa untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa, yang kedua digunakan analisis KST untuk mengetahui Knowledge Structure (struktur pengetahuan). Perolehan persentase jawaban benar siswa dalam meramalkan bentuk molekul menggunakan teori VSEPR berada pada kategori sangat rendah yaitu 44,04%. Hampir seluruh siswa belum dapat meramalkan bentuk molekul senyawa kovalen menggunakan teori VSEPR dengan benar. Siswa masih belum memahami peranan elektron bebas dalam penentuan notasi dan gambar bentuk molekul. Jalur pembelajaran siswa SMA Negeri di Kota Gorontalo tidak memenuhi Expert Learning Pathway (jalur pembelajaran ahli). Kata Kunci : Pemetaan, Knowledge Structure, KST dan Bentuk Molekul
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011