ESSAY

Writer / NIM
NAJWA SHANTI WULANSARI / 441408030
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Dr WENY JA MUSA, M.Si / 0022086611
Advisor 2 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Abstract
ABSTRAK Najwa Shanti Wulansari. 2012. Pemetaan Struktur Pengetahuan Siswa untuk Mengukur Kemampuan Pemahaman Konsep Laju Reaksi (Penelitian deskriptif pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Gorontalo Tahun Pelajaran 2011/2012). Skripsi, Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Weny J.A Musa, M.Si dan Pembimbing II Dr. Lukman A.R Laliyo, M.Pd, MM Penelitian ini bermaksud untuk (1) Mengetahui gambaran pemahaman konsep laju reaksi siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Gorontalo (2) Mengetahui Konseo-konsep Laju reaksi yang belum dipahami siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Gorontalo (3) Mengetahui peta pemahaman konsep laju reaksi siswa Kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Gorontalo. Sampel diambil secara acak satu kelas pada masing-masing sekolah, sampel berjumlah 120 siswa. Instrumen penelitian ini berupa tes penguasaan konsep laju reaksi sebanyak 12 item soal berbentuk essay. Hasil uji instrument tes diperoleh tingkat validasi isi sebesar 91,6%. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Tingkat pemahaman siswa SMA Negeri di Kota Gorontalo tentang konsep laju reaksi termasuk dalam kategori sangat rendah ini dilihat dari rata-rata keseluruhan persentase jawaban benar siswa adalah 39,2%, (2) Konsep-konsep yang belum dipahami siswa dalam memahami laju reaksi adalah persamaan reaksi, pengertian laju reaksi, menafsirkan grafik laju reaksi, faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi, orde reaksi, persamaan laju reaksi dan teori tumbukan. (3) Peta Struktur Pengetahuan yang selanjutnya diproyeksikan menjadi jalur pembelajaran Siswa SMA Negeri di Kota Gorontalo dalam memahami konsep laju reaksi, cenderung mengalami ketidakurutan dan tidak saling terkait dalam menjelaskan pengertian laju reaksi, menentukan laju reaksi, menafsirkan grafik laju reaksi, menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi, menentukan orde reaksi, persamaan laju reaksi, dan teori tumbukan. Kata Kunci : Pemetaan, Struktur Pengetahuan, Konsep laju reaksi
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011