ESSAY

Writer / NIM
AGUSTINA MOODUTO / 441409004
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr ISHAK ISA, M.Si / 0026056106
Advisor 2 / NIDN
Prof. Dr ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Abstract

 

ABSTRAK

 

 

 

Agustina Mooduto. 2014. Penerapan Pendekatan Inquiri Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Koloid Kelas XI-IPA SMA Muhammadiyah Batudaa. Gorontalo, Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Ishak Isa M.Si dan pembimbing II Dr. Hj. Astin Lukum M.Si.

 

 

 

Penelitian ini adalah suatu penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI-IPA SMA Muhammadiyah Batudaa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang ada di kelas IX-IPA SMA Muhammadiyah Batudaa dengan menggunakan pendekatan Inquiri berbasis Lesson Study, tahun ajaran 2012-2013 yang berjumlah 18 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan mengikut sertakan beberapa guru pengamat (observer). Kriteria keberhasilan penelitian adalah 80% siswa yang mendapatkan nilai 70 keatas.

 

 

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Inquiri berbasis Lesson Study dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I pertemuan 1 hasil belajar siswa sebesar 50%, pertemuan kedua 66,66% dan menigkat pada siklus II pertemuan 1 menjadi 83,34%.

 

 

 

 

 

Kata Kunci : Hasil Belajar, Pendekatan Inquiri, Lesson Study, Koloid

 

Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011