ESSAY

Writer / NIM
ZOIS ANWAR / 441409079
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Dr WENY JA MUSA, M.Si / 0022086611
Advisor 2 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Abstract

 

 

ABSTRAK

 

 

ANWAR, ZOIS. 2014. “PengaruhStrategi Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar dan Retensi Pengetahuan Hidrokarbon Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Limboto”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Weny JA Musa, M.Si dan Pembimbing II Dr. Lukman AR Laliyo, M.Pd, MM

 

 

 

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Disain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttes control group desaign. Tujuan penelitian adalah (1) untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar hidrokarbon pada siswa kelas X dengan menjadikan pretest sebagai covariatnya; dan (2) untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terhadap retensi pengetahuan hidrokarbon pada siswa kelas X dengan menjadikan pretest sebagai covariatnya. Sampel berjumlah 55 siswa yang tersebar di dua kelas, yaitu kelas eksperimen sebanyak 26 siswa dan kelas kontrol sebanyak 29 siswa. Kelas eksperimen menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dan kelas kontrol menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Pengumpulan data menggunakan tes sebagai instrumen yaitu tes materi hidrokarbon. Hasil uji validitas tes menunjukkan sebanyak 20 soal yang valid dan hasil reliabilitas tes menunjukkan tingkat reliabilitas sangat tinggi yaitu sebesar 0,875%. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan awal (pre-tes) dan tes hasil belajar (post-tes) serta tes retensi (re-tes) dan dianalisis secara inferensial.Analisis data dilakukan menggunakan analisis kovarians (ANACOVA) untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil analisis data untuk hasil belajar menunjukan bahwa dalam taraf signifikan 0,05 dengan dk = 52 diperoleh nilai Fhitung = 63,007 > dari Ftabel­ (0,05) (1,52) = 4,027 dan H0 di tolak. Hasil analisis data untuk retensi menunjukan bahwa dalam taraf signifikan 0,05 dengan dk = 52 diperoleh nilai Fhitung = 69,861 > dari Ftabel­ (0,05) (1,52) = 4,027 dan H0 di tolak. Sehingga dapat dinyatakan bahwa pembelajaran dengan strategi pembelajaran inkuiri cenderunglebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan retensi pengetahuan hidrokarbon siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

 

 

 

Kata Kunci: Pengaruh, Strategi Pembelajaran Inkuiri, Hidrokarbon

 

 

 

Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011