ESSAY

Writer / NIM
ZULAEHA M. ABDULLAH / 441410013
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Advisor 2 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Abstract
ABSTRAK Zulaeha M Abdullah. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Motivasi berprestasi Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Kimia pada Materi Koloid. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Astin Lukum, M.Si dan Pembimbing II Drs. Mangara Sihaloho, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional (ceramah) pada materi koloid, 2) perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan motivasi berprestasi rendah pada materi koloid, 3) pengaruh interaksi antara model pembelajaran jigsaw dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar pada materi koloid. 4) perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran jigsaw dengan model pembelajaran konvensional (ceramah) pada siswa yang memiliki motivasi tinggi, 5) perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran jigsaw dengan model pembelajaran konvensional (ceramah) pada siswa yang memiliki motivasi rendah. Sampel dalam penelitian ini untuk kelompok eksperimen sebanyak 23 siswadan 23 siswa sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar koloid siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (ceramah), (2) hasil belajar koloid siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi lebih tinggi daripada siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah, (3) ada pengaruh interaksi antara penerapan model pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar, (4) pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran jigsaw lebih tinggi dari siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional (ceramah), dan (5) pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah) lebih tinggi dari siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran jigsaw. Kata kunci: Kooperatif tipe jigsaw, motivasi berprestasi, hasil belajar kimia.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011