ESSAY

Writer / NIM
RAMSIN SULAEMAN / 441410019
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Advisor 2 / NIDN
JULHIM S TANGIO, S.Pd, M.Pd / 0028087508
Abstract
ABSTRAK Pembelajaran yang memandang bahwa guru merupakan satu-satunya sumber belajar siswa perlu digeser bahwa siswa memegang peran aktif dalam pembelajaran. Dalam proses pembelajaran harus terjadi interaksi antara siswa dan pendidik pada satu lingkup pembelajaran secara aktif. Berlatar belakang dari pernyataan diatas , maka diadakan penelitian yang berjudul "Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Terhadap Pemahaman Siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri I Pinogaluman Pada Materi Bentuk Molekul". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CLIS pada materi bentuk molekul. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA1 berjumlah 19 siswa sebagai kelas eksperimen dan XI IPA2 berjumlah 19 siswa sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode Quasi eksperiment dengan desain kuantitatif Nonequivalen Control Group Design . variabel yang digunakan dalam penelitian ini (1) pemahaman siswa adalah Variabel terikat (dependent variable), (2) Pengaruh model pembelajaran CLIS sebagai variabel bebas (independent variable). instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes pilihan ganda sebanyak 16 nomor, digunakan untuk mengetahui pemahaman siswa pada materi bentuk molekul sedangkan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CLIS menggunakan uji "t". Hasil penelitian yang diperoleh pada kelompok eksperimen hasil posttest yang menggunakan model pembelajaran CLIS sebesar 77,36 %, dan kelompok kontrol yang menggunakan model Konvensional sebesar 72,21 %. Selanjutnya data dianalisis menggunakan uji t untuk melihat pengaruh model pembelajaran CLIS terhadap pemahaman siswa pada materi bentuk molekul. Hasil uji t diperoleh (t hitung = 5,667 > t tabel = 2,028 ), sehingga berdasarkan kriteria pengujian jika thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model CLIS terhadap pemahaman siswa pada materi bentuk molekul. Kata Kunci : Pemahaman Siswa, Model Pembelajaran CLIS, Bentuk Molekul. ABSTRACT This research aims at investigating the influence of CLIS theaching method toward student' comprehension in Molecule From Lesson. Smaples are 19 students at class of XI IPA1AS Experimental class and 19 students of class XI IPA2 as control class. It applies quasi experimental research with Nonequivalent Control Group Design. Instrument of research is multiple choice test consisting of 16 intems. The multiple choice test is used to investigate students' comprehension concerning molecule form lesson, and test is appiled to the influence of CLIS teaching method. Finding reveals that posttest result of experimental calss that applies CLIS lerning model is 77,36 % and result of control class that applies Conventional model is 72,21 %. Then, the data are analyzed by applying t test to investigate the influence of CLIS teaching method toward students' comprension on molecule form lesson. Result t test obtains tcount= 5,667 > ttable = 2,028. Thus, based test criteria of if tcount > ttable , H0 is rejected and Ha eccepted, it can be concluded that there is influnce of CLIS Model towards students' comprehension on molecule form lesson. Keywords: Students' Comprehension, CLIS Teaching Method, Molecule From
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011