ESSAY

Writer / NIM
FEBRIYANTI SULEMAN / 441410037
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Advisor 2 / NIDN
LA ALIO, S.Pd, M.Si / 0027047505
Abstract
ABSTRAK Febriyanti Suleman. 2015. "Pengaruh Strategi Pembelajaran dengan Teknik POE terhadap Hasil Belajar Konsep Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Siswa di Kelas X SMA Negeri 1 Kabila". Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Pembimbing I Drs. Mangara Sihaloho, M.Pd dan Pembimbing II La Alio, S.Pd, M.Si. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest Only Control Design. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan strategi pembelajaran dengan teknik POE terhadap hasil belajar siswa konsep larutan elektrolit dan nonelektrolit. Sampel penelitian berjumlah 62 siswa yang tersebar didua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing 31 orang. Kelas eksperimen menggunakan strategi pembelajaran POE dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran Konvensional. Pengumpulan data menggunakan tes objektif sebagai instrumen yaitu tes materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Analisis data dilakukan menggunakan uji t untuk menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil statistika diperoleh jumlah nilai post-test kelas eksperimen sebesar 9607 dengan rata-rata nilai 17,58. Sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh jumlah nilai post-test sebesar 9253 dengan rata-rata nilai 17. Hasil analisis data untuk hasil belajar menunjukkan bahwa dalam taraf signifikan 0,05 dengan dk = 30 diperoleh nilai thitung < ttabel atau 0,68 < 1,70. H0 berada pada daerah penerimaan atau dengan kata lain menolak H1. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan strategi pembelajaran dengan teknik POE terhadap hasil belajar konsep larutan elektrolit dan nonelektrolit siswa di kelas X SMA Negeri 1 Kabila. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran POE, Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit, Hasil Belajar.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011