ESSAY

Writer / NIM
NORMA / 441410044
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Advisor 2 / NIDN
LA ODE AMAN, M.Si / 0021047704
Abstract
ABSTRAK Norma. 2014. Identifikasi Pemahaman Siswa Pada Konsep Atom, Ion, dan Molekul Menggunakan Two-Tier Test Multiple Choice (SMP Negeri 8 Gorontalo). Skripsi, Jurusan Pendidikan kimia, fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, univarsitas negeri gorontalo, pembimbing I Dr. Astin Lukum, M.Si dan pembinbing II La Ode Aman, M.Si Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pemahaman siswa dalam memahami konsep definisi pengertian partikel materi (atom, ion, dan molekul), konsep contoh materi tertentu yang terdiri atas ion-ion, konsep hubungan atom, ion, dan molekul, konsep deskripsi komponen penyusun salah satu produk kimia, konsep menjelaskan dengan simbol antara molekul unsur dan molekul senyawa dan konsep contoh molekul sederhana dalam kehidupan manuasia. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 8 Gorontalo dengan subjek penelitian sebanyak 30 siswa kelas VIII9. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif , instrumen penelitian berupa tes diagnostik Two-tier Test Multiple Choice yang terdiri dari 20 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa pada materi atom, ion dan molekul adalah (1) konsep definisi pengertian partikel materi (atom, ion, dan molekul) termasuk dalam kategori sangat tinggi (95,55%), (2) konsep contoh materi tertentu yang terdiri atas ion-ion termasuk dalam kategori sangat tinggi ( 84,44%), (3) konsep hubungan atom, ion, dan molekul termasuk dalam kategori cukup (41,66%), (4) konsep deskripsi komponen penyusun salah satu produk kimia termasuk dalam kategori tinggi (65,55%), (5) konsep menjelaskan dengan simbol antara molekul unsur dan molekul senyawa termasuk dalam kategori cukup (41,66%), (6) konsep contoh molekul sederhana dalam kehidupan manuasia termasuk dalam kategori rendah (31,11%). Kata kunci: Two-tier Test Multiple Choice, pemahaman konsep, atom,ion dan molekul
Download files

ARCHIVES

2025
Year Essay 2025
2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011