ESSAY

Writer / NIM
NOVITRIA SUKARDI A. BULOTIYO / 441410059
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Advisor 2 / NIDN
Dr NETTY INO ISCHAK, Dra., M.Kes / 0023026803
Abstract
ABSTRAK Novitria Sukardi A. Bulotiyo. 2017. Deskripsi Kemampuan Pemahaman Siswa Pada Konsep Titrasi Asam Basa Menggunakan Diagnostik Three Tier Multiple Choice Test Pada Siswa Kelas XI Jurusan Analisis Kimia Di SMK Negeri 1 Gorontalo. Skripsi, Progam Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si II: Dr. Netty Ino Ischak, M.Kes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan pemahaman siswa pada konsep titrasi asam basa menggunakan diagnostik three-tier mutliple choice test pada siswa kelas XI jurusan analisis kimia di SMK Negeri 1 Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan populasi berjumlah 77 siswa dan sampel berjumlah 52 siswa yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah three tier multiple choice test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman siswa pada konsep titrasi asam basa sebagai berikut : sebanyak 42,83% paham konsep, 18,7% tidak paham konsep, 38% miskonsepsi. Tipe-tipe miskonsepsi tersebut terdiri dari 7,28% kesalahan positif, 12,51% kesalahan negatif, 21,52% miskonsepsi. Disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman siswa berada pada kategori cukup. Kata kunci: kemampuan pemahaman, miskonsepsi, Three Tier Multiple ChoiceTest, titrasi asam basa ABSTRACT Novitria Sukardi A. Bulotiyo. 2017. Description of Students' Understanding on Acid Base Titration Concept Using Three Tier Multiplr Choice Test Diagnostic on Grade XI Student of Chemical Analysis at SMK Negeri 1 Gorontalo. Skripsi, Study Program of Chemsitry Education, Departemen of Chemsitry, Faculty of Mathematic and natural Science, State University of Gorontalo. Parincipal Supervisor is Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si and Co- Supervisior is Dr. Netty Ino Ischak, M.Kes. This study aims at finding out the description of students' understanding on acid base titration concept using the three-tier multiple choice test diagnostic on grade XI Student of chemical analysis department, SMK Negeri 1 Gorontalo. This study is descriptive qualitative research with 77 population and 52 students is samples taken using purposive sampling. The instrument in this study ins three-tier multiplr choice test. This study reveals that students' ability in understanding the acid base titration concept is a follow : 42.83% understand the concept, 18.7% do not understand the concept, 38% experience misconception. The type of misconception are: 7.28% positive mistake, 12.51% negative mistake, 21.52% misconception. It is concluded that the students' understanding is within the moderate category Keywords: Understading Ability, Misconception, Three-tier Multiple Choice Test, Titration Acid Base
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011