ESSAY

Writer / NIM
LISDAMAYANTI RABUDIN / 441411043
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Drs. MARDJAN PAPUTUNGAN, M.Si / 0015026004
Advisor 2 / NIDN
JULHIM S TANGIO, S.Pd, M.Pd / 0028087508
Abstract
ABSTRAK Lisdamayanti Rabudin, 2015. "Kualitas catatan siswa sebagai media guru untuk mengevaluasi kemajuan belajar termokimia". Skripsi, Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Mardjan Paputungan, M.Si dan Pembimbing II Julhim S.Tangio, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yang bertujuan untuk mengambarkan kualitas catatan siswa sebagai media guru untuk mengevaluasi kemajuan belajar termokimia. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA Madrasah Aliyah Negeri Batudaa sebanyak 22 orang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik Sampling jenuh, dimana seluruh anggota populasi digunakan untuk sampel, dengan sampel penelitian yaitu 22 orang. Instrumen penelitian berupa tes outentik atau rubrik yang terdiri dari 5 indikator dan tes essay. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas catatan lengkap dengan presentase 13,63%, kualitas catatan cukup lengkap dengan presentase 63,64%, dan kualitas catatan kurang lengkap dengan presentase 22,73%, dengan indikator penilaiannya yaitu (1) kelengkapan catatan, yang mendapat nilai empat 18,18%, nilai tiga 63,64%, nilai dua 18,18%, (2) penyajian ilustrasi atau gambar, yang mendapatkan nilai dua dengan presentase 36,36%, nilai satu 22,73%, (3) kesesuaian bahasa yang mendapatkan nilai tiga dengan presentase 90,90%, nilai dua 9,10%, (4) originalitas, yang mendapatkan nilai empat dengan presentase 31,82%, nilai tiga 22,73%, nilai dua 45,45%, (5) rapih, yang mendapatkan nilai tiga dengan presentase 59,10%, dan nilai satu 40,90%, adapun hasil belajar yang diperoleh 3 siswa mendapatkan nilai 38-39, 14 siswa mendapatkan nilai 20-29, dan 5 siswa mendapatkan nilai 12-16. Kata Kunci: Deskripsi, Kualitas Catatan Siswa, Termokimia.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011