ESSAY

Writer / NIM
CINDRAWATI BAHU / 441411046
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Advisor 2 / NIDN
JULHIM S TANGIO, S.Pd, M.Pd / 0028087508
Abstract
ABSTRAK Cindrawati Bahu. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think pair share (TPS) Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Atinggola pada materi koloid. Skripsi Jurusan Pendidikan Kimia Program Pendidikan Strata-1 (S1) Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Dosen pembimbing I Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si dan Pembimbing II Julhim S. Tangio, S.Pd, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe (TPS) pada materi koloid. Metode penelitian ini merupakan metode kuantitatif. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2, berjumlah 59 siswa, dengan mengunakan jenis penelitian Pre-Experimental Design dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah "one group pre-test dan post-test". Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes objektif sebanyak 15 nomor soal yang digunakan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (TPS) pada materi koloid. Pengujian hipotesis data pada hasil penelitian diuji menggunakan uji analisis korelasi dan parians (anakova). Berdasarkan kriteria pengujian tolak H0 jika Fhitung Ftabel pada taraf signikansi 0,05. Hasil penelitian adalah terdapat pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe (TPS) pada kelas XI IPA I dan XI IPA 2 SMA N 1 Atinggola pada materi koloid. Berdasarkan pengujian tersebut diperoleh Fhitung = 13,8414 Ftabel = 4,02 maka hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif TPS dan kimia koloid
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011