ESSAY

Writer / NIM
NI NYOMAN WIDIANTARI / 441411048
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Advisor 2 / NIDN
Dr. AKRAM LA KILO, M.Si / 0011047702
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas sajian bahan ajar menggunakan analogi dan submikroskopik dalam mereduksi miskonsepsi asam-basa siswa kelas XI. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Dungaliyo tahun ajaran 2014/2015. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling, dan diperoleh sampel yaitu XI B3 dan XI B5 sebagai kelas eksperimen dan XI B2 dan XI B4 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan pembelajaran dengan bahan ajar menggunakan analogi dan submikroskopik, sebaliknya kelas kontrol diberikan pembelajaran tanpa menggunakan bahan ajar tersebut. Desain penelitian yang digunakan adalah true experimental design yang berbentuk pre test-post test control group design. Data penguasaan konsep siswa diperoleh dari hasil tes diagnostik miskonsepsi dengan menggunakan CRI (Certainly of Response Index). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa pada kelas eksperimen mengalami penurunan miskonsepsi sebesar 8,5% sedangkan pada kelas kontrol mengalami peningkatan miskonsepsi sebesar 11,2%. Nilai gain kelas eksperimen 0,5 dan kelas kontrol 0,1 yang berarti peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan anakova, diperoleh Fhitung (84,0203) Ftabel (3,9423) yang berarti hasil pembelajaran siswa yang menggunakan sajian bahan ajar berbasis analogi dan submikroskopik tidak sama dengan hasil pembelajaran siswa tanpa menggunakan sajian bahan tersebut, dengan mengendalikan nilai pre test. Oleh karena itu, bahan ajar yang berbasis analogi dan submikroskopik yang digunakan dalam penelitian ini adalah efektif untuk mereduksi miskonsepsi siswa pada materi asam-basa Kata kunci: miskonsepsi, analogi, submikroskopik, asam, basa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011