ESSAY

Writer / NIM
NUR ILMA / 441411056
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Advisor 2 / NIDN
SULEMAN DUENGO, S.Pd, M.Si / 0007017901
Abstract
Nur Ilma. 2015. Analisis Kerangka Pemahaman Konsep Siswa Tentang Ikatan Kimia Menggunakan Knowledge Space Theory. Skripsi, Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Lukman A.R Laliyo, M.Pd.,M.M dan Pembimbing II Suleman Duengo, S.Pd,.M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kerangka pemahaman konsep siswa tentang ikatan kovalen menggunakan knowledge space theory. Jenis penelitiannya adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Bulagi, dengan objek penelitian adalah siswa kelas X sebanyak 67 orang dan siswa kelas XI IPA sebanyak 11 orang yang diambil menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen berupa tes tertulis dengan 18 soal pilihan ganda beralasan. Data penelitian diperoleh dari hasil dalam tes tertulis, wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data menggunakan Knowledge Space Theory. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerangka pemahaman konsep siswa tentang ikatan kovalen belum terstruktur dengan baik Berdasarkan kerangka pemahaman konsep siswa tentang ikatan kovalen dapat dikategorikan dalam lima tipe kerangka pemahaman konsep siswa tentang ikatan kovalen. Kerangka pemahaman konsep tipe I tidak paham keterkaitan antar konsep; tipe II dapat memahami dua konsep; tipe III dan IV dapat memahami tiga konsep namun tipe IV tidak sesuai jalur pembelajaran; tipe V dapat memahami empat konsep. Kata Kunci: Knowledge Space Theory, Kerangka Pemahaman Konsep, Ikatan Kovalen
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011