ESSAY

Writer / NIM
AYU ASTRI ASTUTI / 441411057
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Advisor 2 / NIDN
Dr. OPIR RUMAPE, Drs., M.Si. / 0003095804
Abstract
ABSTRAK AyuAstriAstuti. 2015. Identifikasi Pola Pemahaman Siswa dalam Menggambarkan Konsep Ion dengan Metode Knowledge Space Theory (KST). Skripsi. Jurusan Pendidikan Kimia. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Lukman A.R. Laliyo, M.Pd, MM dan pembimbing II Dr. Opir Rumape, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman siswa dalam menggambarkan konsep ion dengan menggunakan metode Knowledge Space Theory (KST) dan untuk mengetahui pola pemahaman siswa dalam menggambarkan konsep ion dengan menggunakan metode Knowledge Space Theory (KST). Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Kabila kelas MIA X dengan jumlah sampel sebanyak 147 siswa. Data dikumpulkan dari responden melalui instrument tes pilihan ganda sebanyak 13 item soal berupa tes penguasaan konsep ion yang dibuat secara terstruktur, serta wawancara yang dilakukan sebagai instrument pendukung. Jawaban siswa dianalisis dengan menggunakan metode Knowledge Space Theory (KST) .Kemampuan pemahaman Konsep ion siswa berada pada kategori sangat rendah yaitu 20,89%. Sebagian besar siswa tidak tahu konsep ion (TTK) sebanyak 73 siswa, tidak memahami konsep ion (TPK) dengan baik sebanyak 38 siswa dan tidak mengetahui keterkaitan antarkonsep (TPL) sebanyak 36 siswa. Pola pemahaman siswa SMA Negeri 1 Kabila tidak memenuhi Expert Learning Pathway (pola pemahaman ahli). Kata Kunci: Pola Pemahaman, Konsep Ion, Knowledge Space Theory (KST)
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011