ESSAY

Writer / NIM
NURAIN HULUKATI / 441412001
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Advisor 2 / NIDN
Drs. MARDJAN PAPUTUNGAN, M.Si / 0015026004
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan sajian pembelajaran dalam bentuk bahan ajar pada pembelajaran orde reaksi. Penelitian Research and Development ini dilakukan berdasarkan modifikasi model Brog & Gall dengan beberapa tahap yaitu observasi, analisis kebutuhan, proses pengembangan draft, tinjauan ahli, uji coba dan perbaikan produk awal. Observasi yang dilakukan di SMA di Gorontalo menunjukkan adanya kelemahan pemahaman siswa terhadap orde reaksi berdasarkan wawancara dan literatur yang digunakan siswa . Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan maka proses pengembangan draf bahan ajar dilakukan sesuai dengan analisis kurikulum kemudian menyusun format sajian bahan ajar berdasarkan CDT (Content Display Teory) yang dikembangkan oleh Merrill. Tahap tinjauan ahli dan uji coba menunjukkan bahwa bahan ajar memerlukan revisi pada bagian isi materi, bagian desain baik cover, kata pengantar, pendahuluan serta daftar isi, sehingga pada perbaikan produk awal desain bahan ajar dilakukan revisi yang didasarkan pada komentar dan saran ahli serta hasil uji coba skala kecil. Kata Kunci : Bahan Ajar, Taksonomi Unjuk Kerja Merrill, Orde Reaksi
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011