ESSAY

Writer / NIM
SANDI LIMBANADI / 441412005
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Advisor 2 / NIDN
JULHIM S TANGIO, S.Pd, M.Pd / 0028087508
Abstract
ABSTRAK Sandi Limbanadi, 2016. "Deskripsi Keterampilan Metakognitif Mahasiswa yang Memiliki Gaya Kognitif Field Independent dalam Memecahkan Masalah Stoikiometri". Skripsi, Jurusan Kimia, Prodi S1 Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Mangara Sihaloho, M.Pd dan Pembimbing II Julhim S.Tangio, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini merupakan suatu penelitian kualitatif deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan metakognitif mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field independent dalam memecahkan masalah stoikiometri. Subyek penelitian ini yaitu mahasiswa pendidikan kimia semester III fakultas MIPA Universitas Negeri Gorontalo yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan tes GEFT, tes pemecahan masalah, dan wawancara. Teknik analisis data keterampilan metakognitif dari hasil wawancara menggunakan analisis model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subyek yang memiliki gaya kognitif field independent memiliki keterampilan metakognitif yaitu: Pada tahap memahami masalah melibatkan keterampilan metakognitif dengan menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan. Pada tahap membuat rencana subyek melibatkan keterampilan metakognitif yaitu dapat menyusun rencana pemecahan masalah. Pada tahap melaksanakan rencana subyek cukup mampu melibatkan keterampilan metakognitif, subyek dapat menetapkan hasil akan tetapi tidak dapat menemukan kesalahan. Pada tahap mengevaluasi hasil pemecahan masalah subyek mampu melibatkan keterampilan metakognitif dengan mengecek dan melakukan perbaikan hasil akhir pada langkah pemecahan masalah. Kata Kunci : Metakognitif, Pemecahan Masalah, Gaya Kognitif ABSTRACT Sandi Limbanadi, 2016. "Description of Metacognitive Skills Students Have Independent Field Cognitive Styles in Solving Problems Stoichiometry" . Skripsi, Department of Chemistry, Study Program of S1Chemistry Education, Faculty of Mathematics and Science, State University of Gorontalo. The principal supervisor was Drs. Mangara Sihaloho, M.Pd and Co-supervisor II Julhim S.Tangio, S.Pd, M.Pd. This research is a qualitative descriptive. The purpose of this study was to describe the metacognitive skills of students who have the cognitive style field independent in solving stoichiometry problems. The subjects of this study is the third semester students of chemistry education faculty of Mathematics State University of Gorontalo taken using purposive sampling tenik. The research instrument used GEFT tests, problem solving tests, and interviews. Data analysis techniques metacognitive skills of interviews using model analysis Miles and Huberman. The results showed that the subjects who had a field independent cognitive style have metacognitive skills, namely: At this stage of understanding the problem involves metacognitive skills by writing the information known and questioned. At the stage of making the plan subject can plan troubleshooting. At this stage of the plan subject melaksanankan quite capable involve metacognitive skills, subjects can determine the results will be but can not find fault. At the stage of evaluating the results of a subject capable of problem solving involves metacognitive skills to check and improve outcome in troubleshooting steps. Keywords: Metacognition, Problem Solving, Cognitive Style
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011