ESSAY

Writer / NIM
DIDIK PRAMANA / 441412032
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Advisor 2 / NIDN
JULHIM S TANGIO, S.Pd, M.Pd / 0028087508
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengembangkan sajian bahan ajar berbasis taksonomi unjuk kerja merril pada pembelajaran faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Penelitian ini melalui beberapa tahapan yakni observasi dan pengumpulan data awal, analisis kebutuhan, proses pengembangan draft, menyusun draft pengembangan dan pembuatan desain produk awal, tinjauan ahli dan uji coba (evaluasi pakar/ahli dan uji coba skala kecil), serta perbaikan produk awal desain pengembangan. Hasil observasi dijadikan rujukan dan tujuan pembelajaran ditentukan setelah melakukan analisis kebutuhan siswa berdasarkan kurikulum 2013. Proses penyusunan drarft dan pengembangan desain produk awal didasarkan pada CDT(Content Display Theory) yakni tingkat untuk kerja, tipe isi ajaran, lingkup bahasan, cara penyampaian, serta bentuk sajian. Tinjauan ahli dilakukan untuk melihat seberapa besar kedalaman materi dan kemenarikan bentuk desain bahan ajar melalui beberapa ahli, hasil yang diperoleh kemudian diuji cobakan kepada siswa dalam skala kecil dan dilakukan perbaikan sehingga diperoleh produk awal desain pengembangan. Kata Kunci : Bahan Ajar, Taksonomi Unjuk Kerja Merrill, faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011