ESSAY

Writer / NIM
PUJI LESTARI / 441412033
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Dr NETTY INO ISCHAK, Dra., M.Kes / 0023026803
Advisor 2 / NIDN
HENDRI IYABU, S.Pd, M.Si / 0009018002
Abstract
ABSTRAK Puji Lestari. 2017. "Studi Komparasi Menggunakan Mind Mapping dan TTS (Teka Teki Silang) Berbasis Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Koloid". Skripsi Jurusan Kimia Program Studi Pendidikan Kimia Strata-1 (S1) Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Dosen Pembimbing I Dr. Netti Ino Ischak, M.Kes, dan Pembimbing II Hendri Iyabu, S.Pd, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang menggunakan mind mapping dan TTS berbasis STAD terhadap hasil belajar pada materi sistem koloid. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan rancangan Pretest - Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 4 Gorontalo T.P 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan secara Purposive Sampling. Data hasil belajar siswa yang dikumpulkan dengan menggunakan instrument tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode mind mapping dan pembelajaran yang menggunakan media TTS berbasis STAD. Yakni dibuktikan dengan uji statistik yang signifikan 0,05 diperoleh dari nilai t-hitung > t-tabel ( 4,014 > 1,671) kriteria H0 ditolak. Kemudian perbedaan berikutnya secara signifikan berdasarkan hasil (Posttest) pada materi koloid. Untuk hasil belajar yang diberi media TTS lebih baik dari pada hasil belajar yang menggunakan mind mapping pada materi koloid. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai yang berbeda yaitu kelas yang menggunakan media TTS sebesar 80,3 dan kelas yang menggunakan Mind Mapping sebesar 73,1. Kata Kunci : Studi Komparasi, Hasil Belajar, Mind Mapping, TTS (Teka Teki Silang), Model Pembelajaran STAD.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011