ESSAY

Writer / NIM
YUNINGSI N. RAUF / 441412041
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Dr. OPIR RUMAPE, Drs., M.Si. / 0003095804
Advisor 2 / NIDN
DEASY NATALIA BOTUTIHE / 0019128403
Abstract
ABSTRAK Yuningsi N. Rauf. 2017. Penerapan model pembelajaran STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Telaga Biru pada materi sistem periodik unsur. Skripsi, Jurusan Kimia Program Studi Pendidikan Kimia Strata-1 (S1) Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Dosen Pembimbing I Dr. Opir Rumape, M.Si dan Pembimbing II Deasy N. Botutihe, S.Pd, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X5 di SMA Negeri 1 Telaga Biru melalui penerapan model pembelajaran STAD pada materi sistem periodik unsur. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X5 SMA Negeri 1 Telaga Biru semester ganjil tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 23 orang yang terdiri dari 8 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Sumber data berasal dari guru dan siswa yang diperoleh melalui lembar observasi dan tes. Tes yang digunakan adalah tes dalam bentuk pilihan ganda beralasan, dengan jumlah soal sebanyak 10 nomor. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 34,78 % meningkat menjadi 82,60 % pada siklus II. Dan daya serap klasikal siswa yang dicapai pada siklus I adalah 67,82 % meningkat menjadi 80,43 % pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD pada materi larutan penyangga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X5 SMA Negeri 1 Telaga Biru. Kata Kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Model Pembelajaran STAD, Hasil Belajar, Sistem Periodik Unsur ABSTRACT Yuningsi N. Rauf. 2017. Implementation STAD learning model to improve student learning outcomes Class X SMAN 1 Telaga Biru in the material elements of the periodic system. Thesis, Department of Chemistry, Chemical Education Program Strata-1 (S1) Faculty of Mathematics and Science, State University of Gorontalo.Supervisor I Dr. Opir Rumape, M.Si and Advisor II Deasy Botutihe N., S. Pd, M.Si This study aims to improve the results of class X student at SMAN 5 1 Telaga Biru through the application of the model STAD on the material elements of the periodic system. This research is a class act consisting of two cycles. Each cycle consists of the planning stage, the stage of action, observation and reflection stages. The subjects were students of class X 5 SMA Negeri 1 Telaga Biru semester of the 2015/2016 academic year the number of students 23 people consisting of 8 male students and 15 female students. Source of data derived from the teachers and students who obtained through observation sheets and tests. The test used is a test in the form of multiple choice grounded, with the amount of matter as much as 10 numbers. The analysis technique used is descriptive qualitative analysis. Results showed student learning outcomes in the first cycle of 34.78% increase to 82.60% in the second cycle. And absorption of classical students who achieved the first cycle was 67.82% increase to 80.43% in the second cycle. It can be concluded that the application of the learning model STAD on material buffer solution can improve student learning outcomes Class X SMAN 5 1 Telaga Biru. Keywords: Class Action Research, Learning Model STAD, Learning Outcomes, Elements Periodic System.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011