ESSAY

Writer / NIM
AZHAR BOBIHU / 441412042
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Advisor 2 / NIDN
JULHIM S TANGIO, S.Pd, M.Pd / 0028087508
Abstract
Azhar Bobihu. 2017. Pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) terhadap hasil belajar kesetimbangan kimia siswa di SMA Negeri 1 Telaga Biru Ajaran 2016/2017. Skripsi Jurusan Pendidikan Kimia Program Pendidikan Strata-1 (S1) Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Dosen pembimbing I Dr. Lukman R.A. Laliyo, M.Pd, M.M dan Pembimbing II Julhim S Tangio, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) terhadap hasil belajar kesetimbangan kimia siswa di SMA Negeri 1 Telaga Biru. Metode penelitian ini merupakan metode kuantitatif. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2, berjumlah 64 siswa, dengan mengunakan rancangan penelitian adalah "pretest-posttest control group design". Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes uraian sebanyak 12 nomor soal yang digunakan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) terhadap hasil belajar siswa pada materi kesetimbangan kimia. Pengujian hipotesis data pada hasil penelitian diuji menggunakan uji analisis korelasi dan varians (anakova). Berdasarkan kriteria pengujian tolak H0 jika Fhitung Ftabel pada taraf signikansi 0,05. Hasil penelitian adalah adanya pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar kesetimbangan kimia siswa di SMA Negeri 1 Telaga Biru. Berdasarkan pengujian tersebut diperoleh Fhitung = 80.31 > Ftabel = 4.17, maka hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah sangat signifikan terhadap hasil belajar. Kata Kunci : Model pembelajaran Problem Based Learning, hasil belajar, kesetimbangan kimia
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011