ESSAY

Writer / NIM
APRILYANTO SULEMAN / 441412072
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Advisor 2 / NIDN
JULHIM S TANGIO, S.Pd, M.Pd / 0028087508
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yang bertujuan untuk mengembangkan sajian strategi pembelajaran dalam bentuk bahan ajar berbasis taksonomi unjuk kerja Merril pada pembelajaran teori tumbukan. Jenis Penelitian Research and Development ini dilakukan beredasarkan modifikasi model Brog & Gall dengan beberapa tahap yaitu observasi, analisis kebutuhan, proses pengembangan draft, tinjauan ahli, uji coba dan perbaikan produk awal. Hasil observasi menunjukkan kelemahan terhadap pembelajaran teori tumbukan yang dilihat dari penggunaan buku ajar yang kurang tepat dan analisis RPP guru yang memiliki banyak kekurangan. Proses pengembangan draft bahan ajar dilakukan dengan menggunakan urutan taksonomi unjuk kerja Merrill (Conponent Display Theory). Pada tahap tinjauan ahli bahan ajar memerulukan revisi pada desain bahan ajar. Hasil uji coba skala kecil menunjukkan bahwa kelemahan siswa adalah pada analisis penerapan prinsip teori tumbukan sehingga dilakukan revisi produk bahan ajar dengan menambahkan analisis penerapan konsep dan prinsip untuk meningkatkan pemahaman siswa pada prinsip teori tumbukan. Kata Kunci : Bahan Ajar, Taksonomi Unjuk Kerja Merrill, Teori Tumbukan
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011