ESSAY

Writer / NIM
MELGIANTI MAHABI / 441413001
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr ISHAK ISA, M.Si / 0026056106
Advisor 2 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Abstract
ABSTRAK Melgianti Mahabi. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Berbasis Handout terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Kabila pada Materi Larutan Penyangga. Skripsi Jurusan Pendidikan Kimia Program Pendidikan Strata-1 (S1) Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Dosen pembimbing I Prof. Dr. Ishak Isa, M.Si dan Pembimbing II Drs. Mangara Sihaloho, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengguanaan model pembelajaran Team Assisted Individualization berbasis Handout terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode eksperimen, jenis true experimental design dengan desain penelitian "pretest-posttest control group design". Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling, sehingga diperoleh kelas eksperimen yaitu kelas XI MIA 3 yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbasis Handout dan kelas kontrol yaitu kelas XI MIA 4 dibelajarkan menggunakan metode konvensional. Pengambilan data menggunakan tes dalam bentuk pilihan ganda beralasan. Data dianalisis dengan uji gain skor ternormalisasi, uji normalitas dan homogenitas varian, serta uji hipotesis menggunakan uji t statistik. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata hasil belajar kelas XI MIA kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol, yaitu 41,11>28,22. Hasil uji hipotesis menunjukkan Thitung=3,38. Berdasarkan taraf signifikansi 5%, dk=60 diperoleh Ttabel=1,67155, maka Thitung>Ttabel, sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Jadi, model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbasis handout berpengaruh terhadap hasil belajar siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Kabila pada Materi Larutan Penyangga. Kata Kunci: TAI, Handout, Larutan Penyangga, Hasil Belajar Siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011