ESSAY

Writer / NIM
SRI YULAN NGGILU / 441413010
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Drs. MARDJAN PAPUTUNGAN, M.Si / 0015026004
Advisor 2 / NIDN
SULEMAN DUENGO, S.Pd, M.Si / 0007017901
Abstract
Sri Yulan Nggilu: "Meningkatkan Hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon melalui model pembelajaran kolaboratif Learning Together dan Teams Games Tournamen kelas X SMA Negeri 2 Wonosari". (Pembimbing I: Drs. Mardjan Paputungan, M.Si dan pembimbing II: Suleman Duengo, S.Pd, M.Si). Penelitian tindakan kelas ini didasari oleh rendahnya aktivitas dan motivasi siswa dalam mempelajari materi hidrokarbon yang beakibat terhadap rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu solusi yang dapat dilakukan oleh guru adalah menerapkan metode pembelajaran kolaboratif Learning together dan Teams games tournamen. Adapun subjek yang dikenakan tindakan adalah siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 2 Wonosari tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 28 orang. Proses penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan beberapa perubahan terhadap kekurangan yang ditemukan dalam tiap siklus. Siklus pertama merupakan penerapan model kolaboratif Learning together dan teams games tournament, sedangkan pada siklus kedua merupakan tindakan perbaikan dari kelemahan siklus pertama berdasarkan hasil pengamatan dan evaluasi. Hasil analisis pada siklus I menunjukan bahwa siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas berjumlah 12 orang (42,86%) dan siswa yang memperoleh nilai 70 kebawah berjumlah 16 orang (57,14%) dengan daya serap klasikal 60,17 %. Pada siklus I ini hasil belajar siswa belum mencapai kriteria keberhasilan maka dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II siswa yang meperoleh nilai 70 ke atas berjumlah 24 orang (85,72%) dan siswa yang memperoleh nilai 70 ke bawah berjumlah 4 orang (14,28%) dengan daya serap klasikal 81,25%. Hal ini menunjukan bahwa penerapan model kolaboratif Learning together dan Teams games tournament pada materi hidrokarbon dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 2 Wonosari. Kata kunci : Penelitian tindakan kelas, Learning together, TGT, hasil belajar, hidrokarbon
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011