ESSAY

Writer / NIM
BURHAN SALULE / 441413012
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Advisor 2 / NIDN
Drs. MARDJAN PAPUTUNGAN, M.Si / 0015026004
Abstract
Burhan Salule. 2017. Hubungan antara Sikap Ilmiah dan Kemampuan Berpikir Logis dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Kimia. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si dan Pembimbing II Drs. Mardjan Paputungan, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya (1) hubungan antara sikap ilmiah dengan prestasi belajar mahasiswa jurusan kimia (2) hubungan antara kemampuan berpikir logis dengan prestasi belajar mahasiswa jurusan kimia dan (3) hubungan antara sikap ilmiah dan kemampuan berpikir logis mahasiswa jurusan kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan kimia yang aktif mengikuti perkuliahan yang terdiri dari mahasiswa semester II, mahasiswa semester IV dan mahasiswa semester VI Jurusan Kimia Fakultas MIPA Universitas Negeri Gorontalo berjumlah 152 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan teknik insidental sampling, sehingga sampel penelitian berjumlah 3 kelas yang mewakili semua mahasiswa tiap jenjang semester sebanyak 59 orang yang mewakili populasi mahasiswa semester II, IV, dan VI. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket, tes, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik parametrik yang meliputi analisis korelasi dan regresi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat hubungan antara sikap ilmiah dengan prestasi belajar mahasiswa jurusan kimia dengan koefisien korelasi sebesar 0,26 dan koefisien determinasi sebesar 6,97% serta thitung yang diperoleh lebih besar dari pada ttabel (2,11 > 2,00), (2) Terdapat hubungan antara sikap kemampuan berpikir logis dengan prestasi belajar mahasiswa jurusan kimia dengan koefisien korelasi sebesar 0,40 dan koefisien determinasi sebesar 16,00% serta thitung yang diperoleh lebih besar dari pada ttabel (3,28 > 2,00), (3) Terdapat hubungan antara sikap ilmiah dan kemampuan berpikir logis dengan prestasi belajar mahasiswa jurusan kimia dengan koefisien korelasi sebesar 0,44 dan koefisien determinasi sebesar 19,36% serta Fhitung yang diperoleh lebih besar dari pada Ftabel (6,72 > 3,16). Dengan persamaan regresi ganda = 81,45 + 0,0051 X1 - 0,0086 X2. Kata Kunci: Sikap ilmiah, Kemampuan berpikir logis, Prestasi belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011