ESSAY

Writer / NIM
NURHAYATI KATILI / 441413013
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Advisor 2 / NIDN
Dr NETTY INO ISCHAK, Dra., M.Kes / 0023026803
Abstract
ABSTRAK Nurhayati Katili. 2017. "Studi Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dan TAI Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Hidrolisis Garam". Skripsi Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs.Mangara Sihaloho, M.Pd dan Pembimbing II Dr.Netty Ino Ischak, M.Kes. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan TAI pada materi hidrolisis garam di Kelas XI SMA Negeri 1 Kabila. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain Randomized Pretest-Posttest Comparison Group Desain. Sampel penelitian terdiri dua kelas yang berjumlah 60 siswa yang dipilih secara acak. Kelas eksperimen I berjumlah 30 siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran TGT dan Kelas eksperimen II berjumlah 30 siswa yang di ajarkan dengan model pembelajaran TAI. Pengumpulan data menggunakan tes objektif beralasan sebagai instrumen. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Analisis Covarians (ANACOVA). Berdasarkan hasil analisis data untuk hasil belajar menunjukkan bahwa dalam taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai Fhitung = 6,52 > Ftabel = 4,01. Uji N-gain ternormalisasi menunjukkan hasil belajar siswa antara penerapan model TGT dan TAI berada pada kategori rendah yaitu 0,31 dan 0,45. Artinya, model TGT dan TAI sama baiknya dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Maka hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga sesuai dengan uji statistik dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada materi hidrolisis garam Kata Kunci: Studi Komparasi, Prestasi Belajar Siswa, Model Teams Games Tournament (TGT), Model Team Assisted Individualization (TAI), Hidrolisis Garam
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011