ESSAY

Writer / NIM
FATIYAH D. MOHIDIN / 441413021
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Advisor 2 / NIDN
ERNI MOHAMAD, S.Pd, M.Si / 0012086901
Abstract
Fatiyah D. Mohidin. 2017. "Pengaruh strategi pembelajaran Tandur terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam di kelas XI IPA SMA Negeri 2 Gorontalo Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi Jurusan Pendidikan Kimia Program Pendidikan Strata-1 (S1) Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Dosen pembimbing I Drs. Mangara Sihaloho, M.Pd dan Pembimbing II Erni Mohamad, S.Pd, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Tandur terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam. Metode penelitian ini merupakan metode kuantitatif. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 4, berjumlah 59 siswa dengan mengunakan rancangan penelitian adalah "posttest-only control group design". Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes objektif sebanyak 19 nomor soal yang digunakan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Tandur terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam. Pengujian hipotesis data pada hasil penelitian diuji menggunakan uji t. Berdasarkan hasil statistika diperoleh rata-rata nilai 7,067 kelas eksperimen sedangkan untuk kelas kontrol rata-rata 4,759. Hasil analisis data utnuk hasil belajar siswa terhadap hasil belajar siswa dalam taraf signifikan 0,05 dengan 57 diperoleh nilai thitung > ttabel atau 2,2018 > 1,6706, maka hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran tandur tehadap hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam. Kata Kunci : Tandur, hasil belajar, hidrolisis garam
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011