ESSAY

Writer / NIM
LIANTRI NANI / 441413023
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
JULHIM S TANGIO, S.Pd, M.Pd / 0028087508
Advisor 2 / NIDN
WIWIN REWINI KUNUSA, M.Si / 0008117006
Abstract
ABSTRAK Liantri Nani. 2017. Pengaruh Penggunaan Metode Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Koloid Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Gorontalo Utara. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Julhim S Tangio, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Wiwin Rewini Kunusa, S.Pd, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan metode inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem koloid kelas XI MIA SMA Negeri 1 Gorontalo Utara. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design. Sampel berjumlah 62 siswa yang tersebar di dua kelas, yaitu kelas eksperimen berjumlah 31 siswa dan kelas kontrol berjumlah 31 siswa. Kelas eksperimen menggunakan metode inkuiri terbimbing dan kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Pengumpulan data menggunakan tes objektif sebagai instrumen yaitu tes materi sistem koloid. Analisis data menggunakan uji t untuk menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh jumlah nilai post-test kelas eksperimen sebesar 2500 dengan rata-rata nilai 80,65. Sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh jumlah nilai post-test sebesar 2090 dengan rata-rata nilai 67,42. Hasil analisis data untuk hasil belajar siswa pada materi koloid dalam taraf signifikan 0,05 dengan dk = 60 diperoleh nilai thitung > ttabel atau 5,927 > 1,671, dengan demikian H0 berada pada daerah penolakan atau dengan kata lain menerima Ha. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem koloid kelas XI MIA SMA Negeri 1 Gorontalo Utara. Kata Kunci : Metode Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar Siswa, Sistem Koloid. ABSTRACT Liantri Nani. 2017. Influence of Guided Inquiry Method Use towards Students' Learning Achievement in Colloidal System Topic in Class XI of MIA of SMAN 1 Gorontalo Utara. Skripsi, Study Program of Chemistry Education, Department of Chemistry, Faculty of Mathematics and Natural Science, State University of Gorontalo. Principal Supervisor is Julhim S. Tangio, S.Pd, M.Pd and Co-Supervisor is Wiwin Rewini Kunusa, S.Pd, M.Si. This research aims to investigate influence of guided inquiry method use towards students' learning achievement in colloidal system topic in class XI of MIA of SMAN 1 Gorontalo Utara. This is an experimental research by having Posttest-Only Control Design as research design. Research samples are 62 students derived from two classes namely experiment class for 31 studenst and control class for 31 students. The experiment class uses guided inquiry method while the control class uses speech method. Research data are collected through objective test as instrument namely test of colloidal system topic. Then, data analysis uses t test to examine research hypothesis. Based on findings, it shows that score of post-test in experiment class is 2500 with average of 80,65. Meanwhile, the control class obtains 2090 with average of 67,42. Finding of data analysis for students' learning achievement in colloidal topic in level of significance of 0,05 and df = 60 is value of tcount > ttable or 5,927 > 1,671. Thus, H0 is in area of rejection or in the other words Ha is accepted. Therefore, it can be concluded that there is influence of guide inquiry method use towards students' learning achievement in colloidal system topic in class XI of MIA of SMAN 1 Gorontalo Utara. Keywords: Guided Inquiry Method, Students' Learning Achievement, Colloidal System.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011