ESSAY

Writer / NIM
APRILA PERDANA EKA CITRA LIPUTO / 441413024
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Dr NETTY INO ISCHAK, Dra., M.Kes / 0023026803
Advisor 2 / NIDN
NITA SULEMAN, S.T, M.T / 0021047306
Abstract
ABSTRAK Aprila Perdana Eka Citra Liputo. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explaint (POE) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Termokimia (Suatu Penelitian di MAN 1 Kabupaten Gorontalo Tahun Ajaran 2017-2018). Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Netty Ino Ischak, M.Kes dan Pembimbing II Nita Suleman, ST, MT. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang menerapkan model pembelajaran POE (Predict Observe Explaint) terhadap hasil belajar siswa pada materi termikimia di kelas XI IPA MAN 1 Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest Only Control Design. Sampel berjumlah 50 siswa yang tersebar didua kelas, yaitu kelas eksperimen berjumlah 25 siswa dan kelas kontrol berjumlah 25 siswa. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran POE dan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Pengumpulan data menggunakan tes objektif beralasan sebagai instrumen yaitu tes materi termokimia. Analisis statistik menggunakan uji t untuk menguji hipotesis penelitian. Berdasakan hasil statistik diperoleh jumlah nilai post-tes kelas eksperimen sebesar 1798 dengan rata-rata nilai 71,92 untuk kelas kontrol diperoleh jumlah nilai 1540 dengan rata-rata nilai 61,6. Hasil analisis data untuk hasil belajar siswa pada materi termokimia dalam signifikan 0,05 dengan dk = 48 diperoleh thitung > ttabel atau 3,3950 > 1,6772. H0 berada pada daerah penolakkan atau dengan kata lain menerima H1. Kata Kunci: Model Pembelajaran POE, Hasil Belajar, Termokimia
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011