ESSAY

Writer / NIM
DESRY MARPAN / 441413041
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Advisor 2 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Abstract
ABSTRAK Marpan, Desry. 2017. Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Sikap Dan Kesadaran Metakognitif Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan. Skripsi. Gorontalo: Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I: Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si dan Pembimbing II: Drs. Mangara Sihaloho, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap sikap dan kesadaran metakognitif siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest only control design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI (sebelas) di SMA N 1 Kabila dan diperoleh kelas XI MIA.I sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA.II sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan instrumen angket dan tes yang berbentuk pilihan ganda (objektif). Berdasarkan hasil perhitungan data hasil penelitian menunjukkan bahwa pada taraf nyata =0,05 nilai thitung > ttabel (ATCLS: 3,39 > 2,01; MAI-Jr: 2,55 > 2,01). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap sikap dan kesadaran metakognitif siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Kata Kunci: Problem Based Learning, Sikap, Kesadaran Metakognitif, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011