ESSAY

Writer / NIM
MELTI TRI YUNIARSI TONGKONOO / 441413042
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
SULEMAN DUENGO, S.Pd, M.Si / 0007017901
Advisor 2 / NIDN
JULHIM S TANGIO, S.Pd, M.Pd / 0028087508
Abstract
ABSTRAK Melti Tri Yuniarsi Tongkonoo. 2017. Meningkatkan Kemampuan Bepikir Kritis siswa dengan Pendekatan SaLingTeMas melalui Teknik "P-6" materi koloid di kelas XI SMK Negeri 2 Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Suleman Duengo, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Julhim. S. Tangio, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI TPHP di SMK Negeri 2 Gorontalo dengan pendekatan SaLingTeMas melalui teknik "P-6" pada materi Koloid. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI TPHP 2 SMK Negeri 2 Gorontalo semester genap tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 24 orang yang terdiri dari siswa laki-laki 11 orang dan siswa perempuan 13 orang. Sumber data berasal dari siswa yang diperoleh melalui observasi dan tes. Tes yang digunakan adalah tes dalam bentuk esai, dengan jumlah soal sebanyak 10 nomor. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I kemampuan berpikir kritis siswa adalah 62,6% dan meningkat menjadi 81,04% pada siklus II. Hasil belajar siswa dimensi pengetahuan pada siklus I adalah 70,4% meningkat menjadi 82,7%. Hasil belajar dimensi sikap pada siklus I adalah 62,23% meningkat menjadi 82,13% pada siklus II. Hasil belajar dimensi keterampilan pada siklus I adalah 58,44% meningkat menjadi 80,94%. Dengan demikian, pendekatan SaLingTeMas melalui teknik "P-6" dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi koloid kelas XI SMK Negeri 2 Gorontalo. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Pendekatan SaLingTeMas, Teknik "P-6", Koloid ABSTRACT Tongkonoo, Melti Tri Yuniarsi. 2017. Improving Students' Critical Thinking by Using SaLingTeMas Approach through "P-6" Technique of Colloid Material in Grade XI SMK Negeri 2 Gorontalo. Undergraduate Thesis, Study Program of Chemistry Education, Department of Chemistry, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Suleman Duengo, S.Pd, M.Si. Co-Supervisor: Julhim. S. Tangio, S.Pd, M.Pd. This is a classroom action research intended to improve students' critical thinking in Grade XI TPHP SMK Negeri 2 Gorontalo by using SaLingTeMas (science, environment, technology and society) approach through "P-6" technique of colloid material. There were two cycles in conducting this research that every cycle consists of plan, action, observation, and reflection stage. The subjects of this research involved 11 male and 13 female students in Grade XI TPHP 2 SMK Negeri 2 Gorontalo of the second semester in the academic year of 2016/2017. The sources of data were from observation and essay test with ten questions and used quantitative descriptive as the analysis technique. The result shows that in the first cycle, students' critical thinking ability reaches 62,6%, and it arrives at 81,04% in the second cycle, then students' learning outcome in knowledge aspects gets to 70,4%, and it increases to 82,7%. In attitude aspect, students' learning outcome achieves 62,23% in the first cycle, and it becomes 82,13% in the second cycle. However, students' learning outcome in skill aspect reaches 58,44%, and it increases to 80,94%. Accordingly, SaLingTeMas approach through "P-6" technique can improve students' critical thinking of colloid material in grade XI SMK Negeri 2 Gorontalo. Keywords: Critical Thinking, SaLingTeMas Approach, "P-6" Technique, Colloid
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011