ESSAY

Writer / NIM
ROSDIAH NATALIA IBRAHIM / 441413044
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
NITA SULEMAN, S.T, M.T / 0021047306
Advisor 2 / NIDN
JULHIM S TANGIO, S.Pd, M.Pd / 0028087508
Abstract
Rosdiah Natalia Ibrahim. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia dengan Pendekatan Chemo-Entrepreneurship (CEP) Pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Menumbuhkan Minat Wirausaha Siswa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Nita Suleman, ST, MT dan Pembimbing II Julhim S. Tangio, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini dirancang dengan desain Research and Development yang diadaptasi dari model pengembangan pengajaran Sugiyono yang termodifikasi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan keefektifan, terhadap modul yang dikembangkan dengan pendekatan chemo-entrepreneurship (CEP) dalam meningkatkan hasil belajar kognitif dan menumbuhkan minat wirausaha siswa. Sampel pada penelitian ini adalah guru dan siswa sebagai obyek penelitian. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, tes, dan uji coba skala kecil. Hasil analisis menunjukkan bahwa modul memperoleh skor validasi sebesar 76,35% dinyatakan valid menurut validator 1; skor validasi sebesar 88,68% dinyatakan sangat valid menurut validator 2; skor validasi sebesar 76,25% dinyatakan valid menurut validator 3. Data angket yang diberikan kepada siswa menujukkan bahwa kepraktisan modul memiliki rata-rata 86,07% termasuk dalam kategori praktis. Selain itu, modul dinyatakan efektif dalam pembelajaran ditunjukkan dengan perhitungan normal gain yang menunjukkan nilai 0,51 atau termasuk kategori sedang; penumbuhan minat wirausaha siswa dalam kriteria sangat baik dengan skor 84,30%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran kimia dengan pendekatan chemo-entrepreneurship (CEP) dinyatakan valid, praktis, dan efektif, dapat digunakan sebagai sumber belajar yang mampu meningkatkan hasil belajar kognitif dan menumbuhkan minat wirausaha siswa. Kata Kunci: Pengembangan Modul, Chemo-Entrepreneurship, Hasil Belajar Kognitif, Minat Wirausaha Siswa, Koloid
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011