ESSAY

Writer / NIM
SRI RAHAYUNG NUSI / 441413056
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Advisor 2 / NIDN
SULEMAN DUENGO, S.Pd, M.Si / 0007017901
Abstract
Sri Rahayung Nusi. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Berbasis Guided Inquiry pada Materi Asam Basa untuk Menumbuhkan Karakter dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA. Skripsi Jurusan Pendidikan Kimia Program Pendidikan Strata-1 (S1) Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Dosen pembimbing I Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si dan Pembimbing II Suleman Duengo, S.Pd, M.Si. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran Kimia berbasis Guided Inquiry pada materi asam basa untuk menumbuhkan karakter dan meningkatkan hasil belajar siswa SMA yang valid, praktis dan efektif untuk digunakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D (four-D) yang terdiri atas empat tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Silabus, Bahan Ajar, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Instrumen tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif. Kevalidan dan kepraktisan ditunjukkan oleh hasil validasi ahli yang menunjukkan nilai dengan rentang V yakni Silabus (0,80-1,00); Bahan Ajar (0,67-0,83); RPP (0,78-1,00); LKS (0,89-1,00) dan Instrumen Tes (1,00), sedangkan keefektifan pembelajaran ditunjukkan dengan penghitungan normal gain yang menunjukkan nilai 0,7 atau kategori sedang; nilai-nilai karakter dalam diri siswa menunjukkan kategori mulai berkembang, serta respon siswa terhadap pembelajaran menunjukkan sikap positif terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan persentase 81,04%. Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Karakter, Guided Inqiury, Asam Basa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011