ESSAY

Writer / NIM
MEGAWATI MALAIYA / 441414028
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Dr. AKRAM LA KILO, M.Si / 0011047702
Advisor 2 / NIDN
WIWIN REWINI KUNUSA, M.Si / 0008117006
Abstract
ABSTRAK Megawati Malaiya. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together berbantuan Permainan Tengge-Tengge terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Reduksi dan Oksidasi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Dosen Pembimbing I: Dr, Akram La Kilo, M.Si dan Pembimbing II:Wiwin Rewini Kunusa S.Pd, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media permainan tengge-tengge terhadap hasil belajar siswa pada materi reduksi dan oksidasi. Hasil belajar yang diukur yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Penelitian merupakan true experimental dengan rancangan Pretest-PosttestControl Group. Sampel penelitian berjumlah 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Model Pembejaran kelas eksperimen menggunakan NHT berbantuan media permainan tengge-tengge sedangkankelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil uji validitas tes menunjukkan bahwa 15 soal valid dengan reabilitas tinggi, yaitu 0,785. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan separated varian. Hasil tesebut menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 0,05 dengan dk = 58 diperoleh Thitung2,208 yang lebih besar dari Ttabel 1,672. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media permainan tengge-tengge terhadap hasil belajar dengan nilai rata-rata yang diperoleh pada kelas eksperimen sebesar 80,2 dan pada kelas kontrol 75,1. Hasil aspek afektif dari kedua kelas dikategorikan baik, rata-rata kelas eksperimen 79,6% sedangkan kelas kontrol 69,3%. Sedangkan, aspek psikomotor dari kedua kelas dikategorikan terampil, dengan nilai masing-masing 76,7% dan 71,1%. Kata Kunci: Permainan Tengge-Tengge; Hasil Belajar; Reduksi dan Oksidasi; Numbered Heads Together ABSTRACT Megawati Malaiyl. 2019. "The Influence of Numbered Heath Together Cooperative Learnig Model Assisted by Tengge-Tengge game 0n Student Learning Outcome on Reducation and Oxidation Material". Skripsy. Study program of Chemistry Education, Department of Chemistry. Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of Gomntalo The Pnnctpal Supervisor is Dr. Akram La Kilo, M.Si and the Co-Superwsor ts Wiwin Rewini Kunusa, S Pd, M.Si. This research aims to find out the influence of Numbered Headv Together (NHT) cooperative learning model assisted by tengge-tengge game media on the students learning outcomes in reduction and oxidation materials. The learning outcomes are measured by cognitive, affective, and psychomotor aspects. This research is true experimental with Pretest-Postrest Control grup design. The research samples are 60 students consisting of 30 students at the experimental group and 30 students at the control group. The experimental group learning Model uses NHT, which is assisted by Tengge-Tengge game media while the control group uses conventional Iearning. The test vaitdity test results showed that 15 questions were valid With high reliabllity of 0 785. Hypothesis testing results used t-test with separated variance. The results showed that at a significant level of 0.05 with of= 58 obtained Tcount for 2.208 that was higher than Ttable for l 672. This indicated that the influence of the Numbered Heads Together (NHT) cooperative learning model assisted by Tengge-Tengge media game to the learning outcomes with the average value gained on the experimental group for 80.2 and in Control group for 75.1. The affective aspects both grup were categorized good, and the average experimental group control group was 69. 3% . The psychomotor aspect of both groups was in the skilled category, with a value of76 7% and 71 1%respectively: Keyword: Tengge-Tengge Games; Learning Outcomes; reducation and oxidation, numbered Heads T ogether
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011