ESSAY

Writer / NIM
TITA MAMONTO / 441414068
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Dr NETTY INO ISCHAK, Dra., M.Kes / 0023026803
Advisor 2 / NIDN
ERNI MOHAMAD, S.Pd, M.Si / 0012086901
Abstract
ABSTRAK Tita Mamonto. 2018. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Gorontalo Pada Materi Larutan Penyangga. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kimia Program Pendidikan Strata-1 (S1) Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Dosen Pembimbing I Dr. Netty Ino Ischak, M.Kes dan Pembimbing II Erni Mohamad, S.Pd, M.Si. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh dari model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga. Desain penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design dengan rancangan pretest-posttest control group design. Sampel pada penelitian ini berjumlah 74 siswa yaitu sebanyak 37 siswa pada kelas eksperimen dan 37 siswa pada kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model Discovery Learning sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes yang terdiri dari 10 soal uraian materi larutan penyangga untuk aspek kognitif dan lembar observasi untuk penilaian aspek afektif dan aspek psikomotor. Hasil uji validitas tes menunjukkan sebanyak 10 soal yang valid dan hasil reliabilitas tes menunjukkan tingkat reliabilitas sebesar 0,79 dengan kategori tinggi/baik. Analisis data menggunakan uji-t untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada taraf signifikan = 0,05 dengan dk = 72 diperoleh nilai Thitung 40,84 > 1,66 Ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima bahwa model pembelajaran Discovery Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Data untuk penilaian aspek afektif siswa menggunakan lembar observasi pada kelas eksperimen sebesar 84,62 dan termasuk kategori sangat baik sedangkan kelas kontrol sebesar termasuk 76,85 kategori baik. Penilaian aspek psikomotor juga menggunakan lembar observasi pada kelas eksperimen sebesar 88,00 termasuk kategori sangat baik dan kelas kontrol sebesar 83,10 termasuk kategori sangat baik juga. Sehingga dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dapat memberikan pengaruh baik sehingga meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Model Discovery Learning, ABSTRACT Mamonto, Tita, 2018. I"The influence Discovery Learning of students result learning at class of XI IPA, SMA Negeri 1 Gorontalo in buffer solution material. Skripsi. Study program of Chemical education. Faculty of Mathematics and science. State University of Gorontalo. The principal supervisor was Dr. Netty Ino Ischak, M.Kes and Co- Supervisor was Erni Mohamad, S.Pd, M.Si. This is was quantitative research. The objectives are: to know the influence of Discovering Learning of students result learning in buffer solution material. In addition, the research design uses true experimental design by pretest-posttest control group design. The samples are 74 students: 37 students was from experiment class and 37 was from control class. Furthermore, experiment class uses Discovery Learning while in control class uses convention learning. The process of collecting data by instrument test consists of ten essay question based on the material of buffer solution for cognitive aspect and also by observation sheet for estimation of effective aspect and psychomotor aspect. However, the result of validation show that ten questions are valid with the reliabilities' test is 0, 79 as high / good category. The analysis data uses unit-t for provided the research hypothesis, while the result of data analysis show that level significant = 0,05 with dk = 72 have got Thitung 40,84 > 1,66 Ttabel, so, H0 refused and Ha is accepted. In other word, Discovery Learning is effective to increase the ability of student's science Process skill. In addition, the estimation of student skill by using observation sheet in experiment class which are 84,62% as very good category while control class are 76,85 % as good category. Besides that, estimation of psychomotor uses observation sheet in experiment class which are 88, 00 as very good category and also control class which are 83,10 as very good category. As a result, it can conclude that Discovery Learning can give a good impact to increase the ability of student's science Process skill sight from their cognitive skill. Keywords: Discovery Learning Model
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011