ESSAY

Writer / NIM
HARSYA WIRIAWAN DILAPANGA / 441415002
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Drs. MARDJAN PAPUTUNGAN, M.Si / 0015026004
Advisor 2 / NIDN
JULHIM S TANGIO, S.Pd, M.Pd / 0028087508
Abstract
ABSTRAK Harsya Wiriawan Dilapanga. 2021.Identifikasi Pemahaman Konsep Siswa SMA Negeri 4 Gorontalo Pada Materi Hidrokarbon. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Drs. Mardjan Paputungan, M.Si dan Pembimbing II: Julhim S. Tangio, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa pada materi Hidrokarbon.Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 4 Gorontalo yang berjumlah 3 kelas.Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPA 1, XI IPA 2, dan XI IPA 3. Teknik pengumpulan data menggunakan tes two tier multiple choice sebagai instrumen. Hasil penelitian menunjukkan gambaran pemahaman konsep siswa untuk indikator mengidentifikasi unsur-unsur dalam senyawa karbon, siswa dalam kategori cukup paham konsep, dengan persentase sebesar 42.11%, untuk indikator mendeskripsikan kekhasan atom karbon dalam senyawa karbon siswa dalam kategori kurang paham, dengan persentase sebesar 29.24%, untuk indikator membedakan atom karbon primer, sekunder, tersier dan kuartener, siswa dalam kategori tidak paham konsep, dengan persentase sebesar 12%, untuk indikator mengelompokkan senyawa hidrokarbon berdasarkan kejenuhan ikatan, siswa dalam kategori tidak paham, dengan persentase sebesar 17.54%, untuk indikator memberi nama senyawa alkana, alkena dan alkuna, siswa dalam kategori tidak paham dengan persentase sebesar 17.54%, dan untuk indikator menentukan titik didih dan hubungannya dengan Mr, siswa dalam kategori kurang paham konsep, dengan persentase sebesar 24.56%. dan untuk indikator menentukan isomer-isomer dalam senyawa hidrokarbon, siswa dalam kategori tidak paham konsep, dengan persentase sebesar 10.53%, dan keselurahan dari semua indikator dikategorikan cukup paham dengan presentase paham konsep sebesar 20.82%. Kata Kunci :Pemahaman Konsep Siswa, Hidrokarbon.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011