ESSAY

Writer / NIM
HASRINING HUSAIN / 441415005
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Drs. MARDJAN PAPUTUNGAN, M.Si / 0015026004
Advisor 2 / NIDN
ERNI MOHAMAD, S.Pd, M.Si / 0012086901
Abstract
ABSTRAK Hasrining Husain, 2019, Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Limboto pada Materi Hidrolisis Garam, Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Mardjan Paputungan, M.Si dan Pembimbing II Erni Mohamad, S.Pd, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5Eterhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi hidrolisis garam di kelas XI SMA Negeri 1 Limboto. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Limboto dengan sampel penelitian berjumlah 50 siswa. Untuk kelas eksperimen berjumlah 25 siswa dan kelas kontrol berjumlah 25 siswa. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran discovery learning. Pengumpulan data menggunakan tes sebagai instrumen yaitu tes berpikir kritis pada materi hidrolisis garam. Analisis data dilakukan secara statistik menggunakan uji parametrik yaitu uji-t untuk menguji hipotesis penelitian dengan taraf signifikan sebesar 1%. Berdasarkan uji statistika diperoleh thitung>ttabelatau 5,786>2,68220 dengan dk = 48, yang berarti H0 ditolak atau menerima H1. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci : Learning Cycle 5E, Berpikir Kritis. ABSTRACT Hasrining Husain, 2019, "The effect 5E Learning Cycle Model toward Srudent Critical Thinking Skill at Grade XI of SMA Negeri 1 Limboto on the material of Salt Hydrolysis". Skripsi, Study Program Chemistry, Department of Chemistry, Faculty of Mathematics and Natural Science, State University of Gorontalo. The principal supervisior is Drs. Mardjan Paputungsan, M.Si, and the co-supervisior is Erni Mohamad, S.Pd, M.Si. This research aims to find out the effect of the 5E Learning cycle model toward students critical thinking skill on the material of salt hydrolysis at grade XI of SMA Negeri 1 Limboto. This is a quasi-experimental research with a pretest-posttest control group design. The research is conducted at SMAN Negeri 1 Limboto with a total sample of 50 students: 25 studets for the experimental class, an 25 students for control class applies discovery learning model. The data collection applies critical thinking test as an instrument on the material of slat hydrolysis. Data analysis is conducted statistically using parametric test which is t-test to examine research hypothesis with the significance level of 1%. Based on the statistical test, it is obtained that tcount > ttable or 5.789 > 2.68220 with df 48, which means that H0 is learning cycle model toward students critical thinking skill. Keywoards: 5E Learning Cycle, Critical Thinking
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011