ESSAY

Writer / NIM
SELAN LAMUSU / 441415008
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
DRA NURHAYATI BIALANGI, MSi / 0029056204
Advisor 2 / NIDN
HENDRI IYABU, S.Pd, M.Si / 0009018002
Abstract
ABSTRAK Selan Lamusu. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Berbantuan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 2 Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Nurhayati Bialangi, M.Si dan Pembimbing II Hendri Iyabu, S.Pd, M.Si. Rumusan Masalah pada penelitian ini berbunyi : bagaimana pengaruh hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan media Animasi pada materi stoikiometri di kelas X IPA SMA Negeri 2 Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan media animasi terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 2 Gorontalo. Metode penelitian ini Quasi Eksperimen (Equivalent Group Pretest-Posttest) dengan teknik random sampling, sampel yang digunakan yaitu kelas X IPA 5 sebagai kelas eksperimen menggunakan model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan media animasi dan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol menggunakan Model STAD tetapi tidak menggunakan media pembelajaran. Hasil penelitian disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan media animasi. Dimana untuk kelas A (eksperimen) memperoleh nilai lebih tinggi dari kelas B (kontrol) yang tidak menggunakan media pembelajaran. Sehingga untuk pengujian hipotesis didapatkan nilai thitng adalah 3,099 dan ttabel dengan derajat kebebasan (dk) = 66, = 0,05 (5%) diperoleh nilai ttabel sebesar 1,994 sehingga thitng lebih besar dari ttabel (thitung >ttabel) yang menyatakan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Divison (STAD) berbantuan media animasi terhadap hasil belajar siswa pada kelas A (eksperimen). Kata kunci : Pembelajaran STAD, Media Animasi, Stoikiometri ABSTRACT Selan Lamusu. 2019. The influence of Student Team Achievement Divison (STAD) Learning Model Assisted with Animation Media towards Students Learning Outcomes at SMA Negeri 2 Gorontalo. Skripsi, Study Program Of Chemistry Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of Gorontalo. The Principal Supervisor is Drs. Nurhayati Bialangi, M.Si, and the Co-supervisor is Hendri Iyabu, S.Pd, M.Si. The research problem is: how the influence of students learning outcomes after applying Student Team Achievement Division (STAD) learning model assisted with animation media in stoichiometry material at Grade X IPA at SMA Negeri 2 Gorontalo. This research is a quantitative research that aims to determine the influence of Student Team Achievement Division (STAD) learning model assisted with animation media towards students learning outcomes at SMA Negeri 2 Gorontalo. The research method is Quasi-Experimental research (Equivalent Group Pretest-Posttest) with random sampling technique. The sample used is Grade X IPA 5 as the eksperimental class applying STAD model without using learning media. In conclusion, there is a significant influence of applying Student Team Achievement Division (STAD) learning model assisted with animation media, in which Grade A (experimental) obtained a value that is higher than Grade B (control) which does not use learning media. Therefore, for the hypothesis test obtained the value of tcount is 3.099 and ttable with the degree of freedom (df) = 66, = 0,05 (5%) obtained the value of ttable is 1,994. Thus, tcount is higher than ttable (tcount > ttable) which means there is an influence of Student Team Achievement Division (STAD) learning model assisted with animation media towards students learning outcomes at Grade A (experimental) Keywords : STAD Learning Model,Animation Media, Stoichiometry.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011