ESSAY

Writer / NIM
MEGAWATI ABUBAKAR / 441415030
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Dr WENY JA MUSA, M.Si / 0022086611
Advisor 2 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Abstract
Megawati Abubakar. 2019. ..."Pengaruh Pembelajaran Strategi POGIL Terhadap Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia di SMA Negeri 1 Limboto. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Weny J. A Musa, M.Si dan Pembibing II Drs. Mangara Sihaloho, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran strategi POGIL terhadap berpikir kritis siswa pada materi hukum-hukum dasar kimia di SMA Negeri 1 Limboto. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Limboto yang berjumlah 170 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu random sampling sehingga diperoleh 2 kelas yaitu X IPA 1 dan X IPA 2 yang berjumlah 50 siswa. Kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 siswa dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 25 siswa. Instrumen penelitian berupa tes dalam bentuk essay sebanyak 5 butir soal. Desain penelitian menggunakan Quasy Experimental Disign dengan rancangan pretest-posttest control group design. Analisis data menggunakan uji-t untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil analisis data menunjukan bahwa pada taraf signifikan 0,05 dengan dk 48 diperoleh Thitung 4,535 > Ttabel 1,67722 maka H0 di tolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi POGIL memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan strategi PQ4R terhadap berpikir kritis siswa. Kata Kunci: Strategi POGIL, Berpikir kritis siswa, Hukum-Hukum Dasar Kimia
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011