ESSAY

Writer / NIM
RISCIANA YUSUF / 441415045
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
DRA NURHAYATI BIALANGI, MSi / 0029056204
Advisor 2 / NIDN
WIWIN REWINI KUNUSA, S.Pd., M.Si / 0008117006
Abstract
Risciana Yusuf, 2021. Pengaruh Strategi Pembelajaran Joyful Learning Melalui Chemical Bonding Game Terhadap Prestasi Belajar Kimia Siswa Kelas X Mia SMA Negeri 1 Telaga. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I: Dra. Nurhayati Bialangi, M.Si dan Pembimbing II: Wiwin Rewini Kunusa, S.Pd., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Joyful Learning melalui Chemical Bonding Game terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 1 Telaga. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eeksperimen dengan desain . Pretest-Posttest group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, diperoleh kelas X IPA 5 sebagai kelas eksperimen sedangkan X IPA 3 sebagai kelas kontrol. Pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa Instrumen tes dalam bentuk objektif. Data dianalisis menggunakan uji-t untuk melihat pengaruh pembelajaran Joyful Learning menggunakan Chemical Bonding Game. Hasil penelitian pada Kemampuan awal rata-rata (pretes) kelas eksperimen 23,18 dan kelas kontrol 25,21 masih sangat rendah, pada kemampuan akhir rata-rata (posttes) kelas eksperimen 76,788 dan kelas kontrol 67,242. Hasil hipotesis menunjukan thitung = 3,601 dengan taraf signifikasi 5% dan dk = 64 diperoleh ttabel = 1,669. Berdasarkan hasil uji hipotesis, jika thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Joyful Learning dengan menggunakan media Chemical Bonding Game memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Kata kunci: Joyful Learning, Chemical Bonding Game, Prestasi Belajar, Ikatan Kimia
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011