ESSAY

Writer / NIM
CICILIA YULIANTI SAENG / 441415048
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Advisor 2 / NIDN
DEASY NATALIA BOTUTIHE, S.Pd, M.Si / 0019128403
Abstract
Cicilia Yulianti Saeng. 2019. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Integrasi Peer Instruction Terhadap Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis SMA Terpadu Wira Bhakti Pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi (Redoks). Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Astin Lukum M.Si dan Pembimbing II Deasy N. Botutihe, S.Pd, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing integrasi peer instruction terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Terpadu Wira Bhakti pada materi reaksi reduksi oksidasi (redoks). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian true experimental design dengan rancangan posttest-only control design. Sampel penelitian adalah siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 2 SMA Terpadu Wira Bhakti masing-masing kelas berjumlah 24 siswa. Model pembelajaran yang digunakan pada kelas eksperimen adalah pembelajaran inkuiri terbimbing integrasi peer instruction sedangkan pada kelas kontrol adalah pembelajaran konvensional. Instrument penelitian menggunakan tes objektif 20 nomor soal untuk mengukur penguasaan konsep siswa sedangkan tes esay 6 nomor untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Teknik analisis data pada pengujian hipotesis menggunakan uji-t. dengan taraf signifikan = 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan untuk penguasaan konsep siswa thitung = 2,11 > ttabel = 1,68, sedangkan untuk perhitungan kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh nilai thitung = 5 > ttabel = 1,68. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing integrasi peer instruction berpengaruh positif terhadap penguasaan konsep siswa dengan rata-rata kelas eksperimen sebesar 80,63 dan kelas kontrol sebesar 74,17, sedangkan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen sebesar 83,3 dan kelas kontrol sebesar 62,5. Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing Integrasi Peer Instruction, Penguasaan Konsep, Kemampuan Berpikir Kritis, Reaksi Reduksi Oksidasi (Redoks)
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011