ESSAY

Writer / NIM
TARAFIANI LANTONG / 441416007
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Dr YUSZDA K SALIMI, S.Si, M.Si / 0023037106
Advisor 2 / NIDN
JULHIM S TANGIO, S.Pd, M.Pd / 0028087508
Abstract
ABSTRAK Tarafiani Lantong, 2020, Identifikasi Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Koloid Di SMAT Wira Bhakti Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Yuszda K. Salimi, M.Si dan Pembimbing II: Julhim S. Tangio, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa pada materi Koloid. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPA SMAT Wira Bhakti Gorontalo yang berjumlah 4 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah XII IPA 1 dan XII IPA 2 yang di ambil secara purposive sampling (sampel bertujuan). Hasil penelitian menunjukkan gambaran pemahaman konsep untuk indikator menentukan perbedaan antara larutan, suspensi dan koloid dalam kategori tidak paham konsep dengan persentase sebesar 36%. Pada indikator membedakan fase terdispersi dan pendispersi siswa dalam kategori paham konsep dengan persentase sebesar 37%. Pada indikator mengelompokkan tipe/jenis koloid dalam kategori kurang paham konsep dengan persentase 40%. Pada indikator menjelaskan sifat-sifat koloid siswa dalam kategori kurang paham dengan persentase sebesar 43%. Pada indikator menjelaskan kegunaan koloid dalam kehidupan sehari- hari siswa dalam kategori kurang paham konsep dengan persentase 42%. Pada indikator membuat produk berupa koloid atau melibatkan prinsip koloid siswa dalam kategori kurang paham konsep dengan persentase 42%. Kata Kunci: Pemahaman Konsep Siswa, Koloid.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011