ESSAY

Writer / NIM
SUPARDI S. NOHO / 441416019
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Advisor 2 / NIDN
Prof. Dr WENY J.A MUSA, M.Si / 0022086611
Abstract
SUPARDI S NOHO, 2020. Identifikasi Pemahaman Konsep Siswa Menggunakan Tes Three-Tier Multiple-Choice Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Skripsi, program studi pendidikan kimia, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Drs. Mangara Sihaloho, M.Pd dan pembimbing II Prof. Dr. Weny J.A Musa, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi persentase pemahaman konsep siswa menggunakan tes Three-Tier Multiple-Choice pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Instrument yang digunakan adalah tes Three-Tier Multiple-Choice. Subjek penelitian adalah kelas X IPA MAN 1 Kota Gorontalo dengan jumlah sampel sebanyak 20 siswa. Data diolah berdasarkan pola jawaban siswa yang dikelompokan kedalam kategori paham konsep, tidak paham konsep dan miskonsepsi (miskonsepsi 1,2, dan 3). Hasil penelitian menunjukan bahwa kategori pemahaman konsep siswa tergolong dalam kategori rendah dengan persentase sebesar 28%, tidak paham konsep tergolong dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 54%, dan miskonsepsi tergolong dalam kategori rendah dengan persentase sebesar 18%. Dari 18% siswa yang mengalami miskonsepsi diperoleh persentase sebesar 8% miskonsepsi 1, miskonsepsi 2 sebesar 2%, dan miskonsepsi 3 sebesar 8%. Kata kunci: pemahaman konsep, latutan elektrolit dan larutan non elektrolit, Three- Tier Multiple-Choice.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011