ESSAY

Writer / NIM
RUSMIYATI PATILIMA / 441416037
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Dr. AKRAM LA KILO, S.Pd., M.Si / 0011047702
Advisor 2 / NIDN
JULHIM S TANGIO, S.Pd, M.Pd / 0028087508
Abstract
Rusmiyati Patilima, 2020, "Desain Media Pembelajaran Permainan Tradisional Tumbu-Tumbu Belanga (T2B) Untuk Pembelajaran Kimia Materi Hidrolisis Garam", Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dr. Akram La Kilo M.Si dan Pembimbing II : Julhim S. Tangio, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas kelayakan media pembelajaran permainan tradisional pada materi hidrolisis garam. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini menggunakan desain pengembangan model ADDIE yang terdiri atas 5 (lima) tahap yaitu (1) analisis (analysis), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), (4) implementasi (implementation), dan (5) evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi penilaian kelayakan media pembelajaran tumbu-tumbu belanga. Validasi media tumbu-tumbu belanga dinilai oleh 4 orang validator ahli yaitu 2 orang dosen kimia UNG ahli materi, 1 orang dosen ahli media dan 1 orang guru kimia SMA. Hasil validasi pengembangan media pembelajaran tumbu-tumbu belanga diperoleh presentase rata-rata 89,40% dengan kriteria sangat layak. Oleh karena itu, media pembelajaran tumbu-tumbu belanga yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran materi hidrolisis garam. Kata Kunci : media pembelajaran; permainan tradisional; tumbu-tumbu belanga; hidrolisis garam,
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011