ESSAY

Writer / NIM
MEGAWATI LATABI / 441417008
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Drs. MARDJAN PAPUTUNGAN, M.Si / 0015026004
Advisor 2 / NIDN
Prof. Dr. LUKMAN ABDUL RAUF LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Abstract
Megawati Latabi. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Berorientasi STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Klasifikasi Materi dan Perubahannya Siswa Kelas VII SMP Satap Tontulow. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Mardjan Paputungan, M.Si. dan Pembimbing II Dr. Lukman A.R Laliyo, M.Pd,.M.M. Penelitian ini bertujuan untuk tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Klasifikasi materi dan Perubahannya dikelas VII SMP Satap Tontulow melalui penerapan model pembelajaran jigsaw berorientasi STEM. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan adalah tes objektif pada materi Klasifikasi materi dan perubahannya. Sampel yang penelitian 40 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapan model pembelajaran jigsaw berorientasi STEM pada materi IPA khususnya materi Klasifikasi materi dan perubahannya serta materi suhu dan perubahannya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Satap Tontulow. Indikator kerja sebesar 70% dengan nilai KKM 67. Presentase aktivitas siswa pada siklus I yaitu 39,43%% mengalami peningkatan pada siklus II yaitu sebesar 69.62%, aktivitas guru pada siklus I sebesar 53% meningkat pada siklus II yaitu meningkat menjadi 73%. Hasil tersebut telah mencapai indikator kerja yaitu 70%. Untuk hasil belajar siswa pada siklus I belum mencapai indikator kerja dan KKM yaitu 63,65% dengan kriteria sedang, kemudian mengalami peningkatan sebesar 77.17% dengan kriteria tinggi pada siklus II. Kata Kunci: Hasil Belajar, STEM, Model Pembelajaran Jigsaw
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011