ESSAY

Writer / NIM
TARMA ALVIANA MUHRIDJA / 441417009
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. OPIR RUMAPE, Drs., M.Si. / 0003095804
Advisor 2 / NIDN
ERNI MOHAMAD, S.Pd, M.Si / 0012086901
Abstract
Tarma Alviana Muhidja, 2021, ''Analisis Pemahaman Konsep Ikatan Kimia Menggunakan Tes Diagnostik Empat Tingkat Berbasis HOTS'', Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dr. Opir Rumape, M.Si dan Pembimbing II : Erni Mohamad, S.Pd, M.Pd Pemahaman konsep merupakan hal yang sangat penting untuk siswa miliki karena dengan memahami konsep maka siswa akan mudah mempelajari suatu materi dan menerima konsep yang baru. Penelitian ini betujuan untuk menjelaskan pemahaman konsep ikatan kimia menggunakan tes diagnostik empat tingkat berbasis HOTS. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang diujikan kepada 277 siswa kelas X dan XI MAN 1 Kota Gorontalo. Pengumpulan data menggunakan tes diagnostik empat tingkat. Level pemahaman siswa dibagi menjadi lima kategori yaitu paham konsep, miskonsepsi kesalahan positif, miskonsepsi kesalahan negatif, miskonsepsi keseluruhan, dan kurang pengetahuan. Hasil penelitian ditemukan (1) Presentase pemahaman konsep siswa MAN 1 Kota Gorontalo kategori paham konsep (PK) sebesar 9%, kategori miskonsepsi kesalahan positif (MKP) sebesar 1%, kategori miskonsepsi kesalahan negatif (MKN) sebesar 13%, kategori miskonsepsi keseluruhan (MKK) sebesar 1%, dan kategori kurang pengetahuan (KP) sebesar 77%. (2) Berdasarkan presentase ditemukan bahwa pengetahuan siswa MAN 1 Kota Gorontalo termasuk pada kategori kurang pengetahuan disebabkan miskonsepsi yang terjadi pada beberapa item soal. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Tes Diagnostik Empat Tingkat, Ikatan Kimia
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011