ESSAY

Writer / NIM
RAHMAWATI HILALA / 441417019
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. LUKMAN ABDUL RAUF LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Advisor 2 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Abstract
Rahmawati Hilala 2021. Kajian kemampuan mahasiswa dalam membangun argumentasi ilmiah tentang konsep asam basa ditinjau dari adversity quotient (kemampuan menyelesaikan masalah) dan kepercayaan diri (self efficacy). Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dr. Lukman A.R Laliyo, M.Pd.,M.M, dan Pembimbing II Drs. Mangara Sihaloho, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan mahasiswa dalam membangun argumentasi ilmiah tentang konsep asam-basa, ditinjau dari kemampuannya dalam menyelesaikan masalah (adversity quotient) dan kepercayaan diri (self efficacy). Pendekatan penelitian adalah deksriptif-kuantitaif, dimana peneliti tidak melakukan perlakuan pembelajaran konten tertentu. Responden penelitian adalah 100 mahasiswa di jurusan kimia Universitas Negeri Gorontalo. Instrumen yang digunakan adalah quesioner adversity quotient (AQ), self efficacy (SE) dan tes kemampuan membangun argumentasi ilmiah tentang konsep asam-basa. Temuannya diperoleh bahwa mahasiswa dengan kemampuan AQ tinggi, hanya mampu menjelaskan konsep asam-basa pada pembuatan kristal garam dan cenderung lemah dalam menjelaskan fenomena hujan asam, penggunaan antasida untuk penyakit mag, penggunaan pupuk dolomit dan tingkat keasaman larutan HCl dan H2SO4. Selain itu, mahasiswa dengan SE tinggi besar cenderung lemah dalam menjelaskan kelima fenomena sains asam-basa dimaksud. Kata Kunci : argumentasi ilmiah, asam basa, adversity quotient, self efficacy
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011