Writer / NIM
NUR MEYLA ULFIANA BOTUTIHE / 441418003
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Advisor 2 / NIDN
Dr. MASRID PIKOLI, S.Pd., M.Pd / 0014087301
Abstract
Nur Meyla Ulfiana Botutihe. Skripsi, 2022. Penggunaan Model Team Based Learning dengan Pendekatan Multirepresentasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit Di Kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Suwawa. Program Studi S-1 Pendidikan Kimia Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Prof. Dr. astin Lukum, M.Si dan Pembimbing 2 Dr. Masrid Pikoli, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Suwawa menggunakan model Team-Based Learnig dengan pendekatan Multirepresentasi, dan (2) untuk mengetahui penggunaan Model Team-Based Learning dengan Pendekatan Multirepresentasi terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Suwawa. Sesuai dengan tujuan penelitian, Penelitian tindakan kelas ini mengikuti (PTK) atau Classroom Action Research model Kemmis dan Taggart yang dilakukan dalam bentuk siklus penelitian tindakan kelas yang mencakup empat tahap kegiatan yaitu perencanaan tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan menerapkan model Team-Based Learning dengan pendekatan Multirepresentasi pada setiap siklus. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukan bahwa penggunaan model Team-Based learning dengan pendekatan multirepresentasi meningkatkan hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Peningkatan tesebut dapat dilihat selama pembelajaran siklus I dan siklus II. Peningkatan hasil belajar tersebut adalah sebesar 62,9% tuntas pada siklus I menjadi 100% tuntas pada siklus II. Serta telah memenuhi ����¯�¿�½���¥ 80 % indicator keberhasilan. Selain itu, Terjadi peningkatan keaktifan dan partisipasi belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit menggunakan model Team-Based learning dengan pendekatan multirepresentasi. Peningkatan keaktifan belajar siswa dengan persentase rata-rata ketercapaian kegiatan siswa sebesar 90% pada siklus I dan 92,5% pada siklus II dengan kategori sangat baik.
Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Team-Based Learning, Hasil Belajar
Download files