ESSAY

Writer / NIM
WIWIYANI / 441418005
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
ERNI MOHAMAD, S.Pd, M.Si / 0012086901
Advisor 2 / NIDN
HENDRI IYABU, S.Pd, M.Si / 0009018002
Abstract
Wiwiyani 2022. Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi sel volta dan sel elektrolisis dengan menggunakan tes open-ended problem di SMA Negeri 4 Gorontalo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Erni Mohamad, S.Pd, M.Si, dan Pembimbing II Hendri Iyabu, S.Pd, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi sel volta dan sel elektrolisis dengan menggunakan tes open-ended problem di SMA Negeri 4 Gorontalo, mengetahui tanggapan guru terhadap soal tes open-ended problem yang diujikan dan mengetahui tanggapan siswa terhadap soal tes open-ended problem yang diujikan. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah 62 siswa kelas XII IPA dan 2 orang guru kimia di SMA Negeri 4 Gorontalo. Data yang digunakan pada penelitian berupa data hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan tes open-ended problem serta hasil tanggapan angket mengenai model soal yang diujikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa pada aspek fluency sebesar 47,8% dengan kategori cukup kreatif, aspek flexibility sebesar 45,4% dengan kategori cukup kreatif, dan aspek originality sebesar 31,9% dengan kategori kurang kreatif. Hasil tanggapan angket guru terhadap model soal open-ended problem didapatkan persentase respon positif sebesar 80%, dan hasil tanggapan angket siswa didapatkan persentase respon positif sebesar 61%. Kata Kunci : berpikir kreatif, elektrolisis, open-ended
Download files

ARCHIVES

2025
Year Essay 2025
2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011