ESSAY

Writer / NIM
ARIF AKO / 441418006
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. OPIR RUMAPE, Drs., M.Si. / 0003095804
Advisor 2 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Abstract
ABSTRAK Arif Ako, 2022. Pengaruh Strategi Pembelajaran REACT Disertai Media Foto terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi larutan Elektrolit dan Nonelektrolit di SMA Negeri 7 Gorontalo. Skripsi Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Opir Rumape, M.Si dan Pembimbing 2 Drs. Mangara Sihaloho M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi Pembelajaran REACT pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 7 Gorontalo pada 2 kelas, masing-masing pada kelas X-IPA 1 sebagai kelas eksperimen, dan X-IPA 2 sebagai kelas kontrol. Sampel pada penelitian ini secara keseluruhan berjumlah 42 orang siswa. Jenis penelitian adalah Deskriptip Kuantitatif, Penelitian ini menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes pilihan ganda beralasan dengan jumlah 16 butir soal. Hasil Penelitian menunjukan bahwa presentase pada hasil Pretest untuk kelas kontrol sebesar 23,21% dan untuk kelas eksperimen sebesar 26,34%, dan presentase pada hasil Posttest untuk kelas kontrol sebesar 56,55% dan untuk kelas eksperimen sebesar 75,00%. Berdasarkan perhitungan atau uji statistik diperoleh harga thitung sebesar 6,709 untuk taraf signifikan (����¯�¿�½������±) 5% (0,05). Sedangkan untuk ttabel yaitu sebesar 1,684. Dengan demikian, terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran REACT disertai media foto terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Kata Kunci: Hasil Belajar. Srategi Pembelajaran REACT, Media Foto.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011